Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis pembelajaran tematik di Kelas IV SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan

Wahyuni, Wahyuni (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis pembelajaran tematik di Kelas IV SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil rata-rata nilai siswa yang tidak mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Pelaksanaan pembelajaran tematik masih menunjukkan kekurangan dan proses pembelajaran berjalan monoton dan juga tidak adanya model pembelajaran yang diterapkan sehingga hal ini berakibat pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Salah satu cara yang bisa dikembangkan oleh guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan dalam proses pembelajaran untuk menguji kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, menguraikan masalah, dan merevisinya ketika melakukan presentasi sehingga akan menambah informasi sesuai kompetensinya di SDN 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan.. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 55,9 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 31,8%. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I pertemuan ke-1 terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 62,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 45,4 %. Kemudian pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas menjadi 65,6 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 59,0%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 74,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 61,18% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas meingkat menjadi 85,2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,8% sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti, sehingga penelitian ini dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 ke atas sebanyak 18 siswa) dengan kata lain siswa sudah tuntas belajar. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model PBM; Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:20
Last Modified: 22 Nov 2023 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item