Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Abu Bokar Siddik (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100222.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak nya siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an khusus nya kelas VIII Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Rumusan Masalah dari penelitian adalah Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya dan mengetahui apa Faktor yang menghambat kesulitan membaca Al-Qur’an dan apa Kendala dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber data yang ada. Pengelolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Jabal Lubuk Raya dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dilakukan dengan Memilih metode yang tepat belajar Membaca Al-Qur’an, Bekerjasama dengan orangtua siswa, memberikan reward dan memahami karakter peserta didiknya. Upaya guru tersebut sudah terlaksana dengan baik untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an. Faktor penghambat kesulitan membaca Al-Qur’an adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai serta waktu belajar yang kurang serta kendalanya adalah kurangnya minat atau motivasi belajar siswa dan sifat malas yang ada pada diri siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memahami karakter siswanya masing-masing, memberikan motivasi kepada siswa dan menambah Alokasi waktu belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd., M.Ag
Keywords: Upaya guru; Kesulitan membaca al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:03
Last Modified: 22 Nov 2023 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9781

Actions (login required)

View Item View Item