Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan

Rahayu, Sri (2023) Dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini adalah adanya Covid-19 yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap dunia pendidikan, Beberapa masalah yang dihdapi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah antara lain adalah adaptasi kurikulum, penerapan protokol kesehatan, penggunaan teknologi, serta peran guru dalam mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana lembaga pendidikan tradisional ini dapat beradaptasi dengan perubahan dan penerapan strategi yang dilakukan oleh madrasah untuk mengatasi tantangan dan peluang yang dihadapi Madrasah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif, subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru sebagai data primer, sedangkan data skunder adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Dan tehnik menjamin keabsahan data adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan Madrasah Diniyah Takmiliayah Awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal menunjukkan adanya perubahan, Madrasah diniyah takmiliyah awaliyah Al-Hidayah pada masa new normal mengadopsi pendekatan pembelajaran tatap muka untuk melanjutkan proses pendidikan. Strategi adaptasi yang diterapkan oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah Al-Hidayah, yaitu penerapan protkol kesehatan, mengadaptasi kurikulum, pendekatan pembelajaran kreatif, kerja kelompok dan diskusi, perencanaan kegiatan lapangan, serta memberikan pelatihan untuk guru, dan bekerjasama dengan orang tua. Dampak implementasi strategi adaptasi membantu Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Hidayah mengatasi beberapa kesulitan yang dihadapi dan mengoptimalkan proses pembelajaran. Akan tetapi, keterbatasan teknologi di madrasah akan memperluas kesenjangan digital antara siswa atau keterbatasan dalam mengakses informasi aktual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Dinamika; Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah; New normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:44
Last Modified: 22 Nov 2023 03:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9778

Actions (login required)

View Item View Item