Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran wisata Aek Sabaon

Ritonga, Wahid (2023) Analisis strategi pemasaran wisata Aek Sabaon. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200380.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Wisata Ae Sabaon merupakan sebuah unsur pelaksana pemerintahan di bidang pariwisata yang menjadi kewenangan daerah Tapanuli Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Daerah masih kurang efektif dan efisien sehingga masih banyak wisatawan yang belum mengetahui pariwisata yang ada di Daerah Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran Wisata Ae Sabaon dan Analisis Strategi Pemasaran Dinas PariwisataWisata Aek Sabaon. Kegunaan penelitian ini yaitu sebagai alat penambah ilmu pengetahuan bagi peneliti dan sebagai referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya untuk lembaga pendidikan dan alat untuk perbaikan bagi Dinas Pariwisata Daerah Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendekatan yang dilakukan oleh teori-teori yang berkaitan dengan analisis strategi pemasaran Dinas Pariwisata Daerah Tapanuli Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, instrument pengumpulan data adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses menganalisis data yaitu menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh analisis SWOT yaitu strategi SO memperketat kontrol pengembangan kualitas dan pemasaran wisata, melakukan kegiatan promosi dalam menarik minat kunjungan wisatawan. Strategi WO memanfaatkan sumber daya alam dan pelatihan sumber daya manusia. Strategi ST melakukan perencanaan yang baik untuk pemasaran jangka panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Sry Lestari, S.H.I., M.E.I
Keywords: Srategi pemasaran; Analisis SWOT; Pariwisata
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:11
Last Modified: 22 Nov 2023 03:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item