Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh trend fashion dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah dengan religiusitas sebagai variabel moderating

Panggabean, Asrani (2023) Pengaruh trend fashion dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada, dimana semakin beragamnya trend fashion busana muslimah yang berkembang di Indonesia saat ini, seharusnya mampu meningkatkan keputusan pembelian busana muslimah yang sesuai dengan syaria’at berbusana dikalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan yang memang pantas dan sesuai dengan ajaran agama Islam, karena memang sudah banyak referensi busana muslimah tersebut. Akan tetapi pengaplikasian dari pengetahuan agama yang dimiliki para mahasiswi belum optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara trend fashion dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara trend fashion dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian busana muslimah dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Penelitian ini berkaitan di bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian busana muslimah yang meliputi trend fashion, faktor-faktor yang mempengaruhi trend fashion, gaya hidup, faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup, serta religusitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 66 responden yang diambil dari mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2019 UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakann adalah teknik angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 26. Teknik analisis data menggunakan, uji validitas dan reliabilitas, uji deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji moderated regression analisys, uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis.. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel trend fashion terhadap keputusan pembelian, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Dengan uji moderasi persamaan regresi model dua menyatakan bahwa religiusitas tidak memoderasi pengaruh trend fashion terhadap keputusan pembelian. Variabel gaya hidup dengan uji moderasi persamaan regresi model tiga menyatakan bahwa religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Keputusan pembelian; Religiusitas; Gaya hidup; Trend fashion
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120306 Textile and Fashion Design
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:49
Last Modified: 22 Nov 2023 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item