Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat membeli makanan halal pada masyarakat di Desa Malintang Jae

Batubara, Lina Warni (2023) Determinan minat membeli makanan halal pada masyarakat di Desa Malintang Jae. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200256.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Seorang Muslim Wajib mengkonsumsi sesuatu yang halal dan menjauhkan diri dari yang haram. Namun, pada praktiknya konsumen muslim hanya fokus kepada makanan dan minuman tanpa memperhatikan kehalalan makanan tersebut. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemahaman dan sikap terhadap minat beli makanan halal pada masyarakat di Desa Malintang Jae. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman dan sikap terhadap minat beli masyarakat Desa Malintang Jae. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pemahaman dan sikap masyarakat sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap minat beli makanan halal dalam buku Kotler and Keller "Manajemen Pemasaran" Teori yang dibahas dalam penelitian ini sikap adalah evaluasi, perasaan emosional, kecenderungan tindakan yang menguntungkan atau tidak menguntungkan diri seseorang terhadap suatu obyek atau gagasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan regresi linear berganda. Jumlah responden yang akan diteliti sebanyak 87 masyarakat yang berusia 21 sampai 60 tahun. Pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas dan analisis linear berganda, dengan uji simultan dan uji parsial kemudia koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji parsial (t) menunjukkan bahwa variabel pemahaman memiliki thitung > ttabel yang berarti Ha1 diterima. Jadi dapat disimpulkan secara parsial (uji t), pemahaman berpengaruh terhadap minat beli masyarakat dalam membeli makanan halal. Berdasarkan hasil uji parsial (t) sikap memiliki memiliki thitung > ttabel maka Ha2 diterima. Jadi dapat disimpulkan secara parsial (uji t) bahwa sikap berpengaruh positif terhadap minat beli masyarakat dalam membeli makanan halal. Berdasarkan hasil uji simultan (F) diketahui Fhitung>Ftabel dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan sikap berpengaruh terhadap minat beli pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Determinan minat; Membeli makanan halal
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:59
Last Modified: 21 Nov 2023 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item