Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran usaha Sukaramai dalam menarik minat beli masyarakat Angkola Muaratais

Lubis, Putri Yulia Rosa (2023) Strategi pemasaran usaha Sukaramai dalam menarik minat beli masyarakat Angkola Muaratais. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200264.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penjualan Usaha Sukaramai mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui lebih mendalam tentang bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik Usaha Sukaramai. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana strategi pemasaran Usaha Sukaramai dalam menarik minat beli masyarakat Kecamatan Angkola Muaratais. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik Usaha Sukaramai dalam menarik minat beli konsumen dan mengetahui bagaimana proses pemasaran di Usaha Sukaramai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu 4p, yakni product/ produk, price/ harga, place/ tempat, dan promotion/ promosi. Faktor-faktor minat beli yaitu indikator minat beli, faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen, dan hubungan bauran pemasaran dengan minat beli. Jenis-jenis usaha yaitu usaha mikro, usaha menengah, dan usaha makro. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisa data filosofi dan logika dengan metode analisa induktif. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah perpanjangan keiukutsertaan, ketekunan pengamatan selama penelitian, serta teknik trianggulasi waktu yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Usaha Sukaramai dalam menarik minat beli konsumen dengan melakukan 4P yaitu product/ produk, price/ harga, place/ tempat, dan promotion/ promosi, dari segi produk Usaha Sukaramai menciptakan produk/menu makanan yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri yaitu hotplate, dari segi harga Usaha Sukaramai menetapkan harga yang murah disetiap menunya, dari segi lokasi yang awalnya hanya memiliki satu tempat menambah jaringan pemasaran yaitu membuka cabang baru ditempat yang berbeda, dan dari segi promosi mengandalkan promosi dari mulut ke mulut yaitu memanfaatkan eksistensi produk terhadap kepercayaan konsumen. Strategi yang paling berpengaruh dalam menambah minat beli konsumen diantara keempat strategi yang dilakukan adalah strategi produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Angkola Muaratais; Minat beli; Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:54
Last Modified: 21 Nov 2023 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9756

Actions (login required)

View Item View Item