Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan

Lubis, Rodiah (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, siswa kurang aktif dalam menyelesaikan soal-soak matematika disebabkan model yang digunakan guru kurang tepat dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Guru harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah model accelerated learning. Model accelerated learning ini melatih kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dalam berdiskusi dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif dan membuat siswa focus dalam belajar. Dengan menggunakan model accelerated learning ini dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswakelas VIII SMP Negri 2 Panyabungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran accelerated learning dan kelas kontrol tidak beri perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 71,58 dan kelas kontrol sebesar 70,00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,260 > 2,013 dengan taraf signifikan 5% maka H_0 ditolak dan H_a diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran accelerated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Model pembelajaran accelerated learning; Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:27
Last Modified: 20 Nov 2023 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9750

Actions (login required)

View Item View Item