Ramadani, Dina Ayu (2023) Peningkatan kemampuan motorik halus pada anak usia dini melalui media finger painting di TK Sapokat Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820600011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan motorik halus pada peserta didik. Hal ini terlihat dari peserta didik yang belum bisa memenuhi pencapaian indikator keberhasilan, hal tersebut disebabkan guru kurang bervariasi dan kurang menarik sehingga anak lebih memilih diam tidak melakukan kegiatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini dan bagaimana penerapan Finger Painting tersebut dalam peningkatan motorik halus anak di kelompok B. Penyebabnya yaitu karena anak hanya diberi kegiatan mewarnai gambar bebas menggunakan krayon dan kegiatan menjiplak jari tangan menggunakan pensil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak dan bagaimana penerapan kegiatan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di TK Sapokat Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara tes untuk kerja, Analisi data dalam penelitian ini adalah analisi data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B TK Sapokat Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus di setiap siklus meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian Siklus II yang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus sudah mencapai kriteria peningkatan yang diharapkan yaitu (Berkembang Sesuai Harapan) dengan nilai 89,92%. Hal tersebut juga dapat dilihat saat kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat melukis sesuai contoh yang diberikan dan dapat menempatkan warna yang tepat pada gambar. Hal ini terlihat dari anak sudah dapat menggunakan tangan dan jari-jarinya untuk melukis dengan baik serta jari-jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis dan ketelitian anak dalam menempatkan warna yang tepat pada pola tertentu. .Kesimpulan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan setelah penerapan media Finger Painting dalam kegiatan pembelajaran di Kelompok B TK Sapokat Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Media finger painting; Motorik halus |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:40 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9726 |
Actions (login required)
View Item |