Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD) pada Kelas IV SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Saripa (2023) Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD) pada Kelas IV SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok KabupatenTapanuli Selatan. Rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar yang rendah juga bagi siswa. Salah satu model yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksankan di SD Negeri 101221 Kecamatan Sipirok KabupatenTapanuli Selatan. Dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 13 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil pada penelitian, diperoleh persentase aktivitas belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 41% dan pada siklus II dengan nilai rata –rata siswa mencapai 54,23 %, persentase peningkatan aktivitasbelajarsiswadarisiklus I dan siklus II adalah 14,74% meningkat. Presentase nilai hasil belajar siswa diperoleh dari siklus I pertemuan I rata –ratanya adalah 43,07%, dan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan II mencapai nilai rata-rata 63,38%. Jumlah banyak siswa yang tuntas pada siklus I ada 3 Siswa (23,07%). Data hasil belajar siswa diperoleh dari siklus II pertemuan I dengan rata –rata 69,23%, pertemuan ke II silkus II memperoleh nilai rata-rata 78,46 %.Jumlahsiswa yang tuntas pada pertemuan II siklus II ada 10 orang siswa (76,92%). Hasil belajarsiswa SD Negeri 101221 Janjilobi Kecamatan Sipirok terlihat mengalami peningkatan melebihi 80% dari jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamidah, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Aktivitas; Hasil belajar; PKN; Model STAD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Nov 2023 01:31
Last Modified: 15 Nov 2023 01:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item View Item