Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Kopi UD. Doly Siundol di Desa Siundol

Hasibuan, Jainab (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Kopi UD. Doly Siundol di Desa Siundol. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah usaha kopi UD.Doly Siundol sering terjadi penurunan penjualan. Permasalahan terjadi karena alat produksi yang dimiki tidak memadai membuat pengelolaan kopi bubuk terhambat, penurunan juga terjadi dikarenakan adanya covid-19 di tahun 2019 dan 2020 dan juga dikarenkan kondisi jaringan pada tempat usaha yang tidak stabil. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana srategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada kopi UD. Doly Siundol. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada usaha kopi UD. Doly Siundol. Landasan teori penelitian ini adalah strategi pemasaran yang meliputi pengertian strategi pemasaran, faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, indikator-indikator strategi pemasaran. Begitu juga dengan penjualan yang meliput pengertian penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan, indikator penjualan dan peningkatan penjualan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Sabjek dalam penelitian ini pemilik usaha dan karyawan usaha kopi UD. Doly Siundol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, analisis Matrik IFAS dan EFAS dan analisis Matrik SWOT Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan strategi yang digunakan adalah strategi pemasaran dengan membagikan dan menempel brosur di kedai-kedai, dengan tatap muka langsung dan dengan teknik dari mulut ke mulut, Demikian dengan kesimpulan : Memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk meningkatkan promosi, Menambah jaringan pemasaran, Meningkatkan alat produksi dan juga jumlah produksi agar meningkatkan volume penjualan, dan Mempromosikan produk lebih luas agar masyarakat lebih mengenal produk tersebut dengan jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Strategi pemasaran; Volume penjualan; UD. Doly Siundol
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:46
Last Modified: 14 Nov 2023 01:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item View Item