Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 100808 Aek Nabara Tapanuli Selatan

Sarmalia, Sarmalia (2023) Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 100808 Aek Nabara Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas IV belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode konvensional (metode ceramah), menulis dan hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh sekolah saja. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelejaran two stay two stray yang mengharuskan siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100808 Aek Nabara Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa setalah menggunakan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100808 Aek Nabara Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100808 Aek Nabara. Metode observasi digunakan untuk mengetahui data tentang proses pembelajaran siswa dalam kelas, respon siswa, keadaan siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa (33,33%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa (66,67%), sedangkan siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (50%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (50%). Pada siklus II pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (75%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (35%) sedangkan siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (83,33%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (16,67%). Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran di kelas IV SDN 100808 Aek Nabara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Two stay two stray; Hasil belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2023 09:12
Last Modified: 13 Nov 2023 09:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9707

Actions (login required)

View Item View Item