Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan bentuk energi di Kelas IV SD Negeri 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Misbahul Hoiriyah (2023) Upaya meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan bentuk energi di Kelas IV SD Negeri 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 0204 pembangunan kabupaten padang lawas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 0204 masih kurang berminat dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan bentuk energi yaitu peserta didik mudah bosan dengan metode yang monoton seperti model konvensional. Banyak peserta didik yang bermain-main pada saat pelajaran berlangsung, mengantuk, bahkan mengganggu temannya sendiri. 20 peserta didik yang ada di dalam ruangan hanya 6 peserta didik orang yang tergolong mendengarkan guru dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subjek adalah peserta didik kelas IV SD negeri 0204 pembangunan kabupaten padang lawas yang berjumlah 20 peserta didik Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa menggunakan media gambar pokok bahasan perubahan bentuk energi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas IV di SD negeri 0204 pembangunan kabupaten padang lawas mulanya masih rendah. Namun dengan adanya penelitian tindakan kelas ini menjadikan minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I pertemuan I rata-rata kelas 58,5%, (30%) 6 orang peserta didik dengan kategori tinggi, (35%) 7 orang peserta didik kategori sedang dan (35%) 7 orang peserta didik. Pada siklus I pertemuan II rata rata kelas 65,75%, (55%) 11 orang peserta didik dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (20%) 4 orang peserta didik dengan kategori sedang, (25%) 5 orang peserta didik dengan kategori rendah. Pada siklus II pertemuan I rata-rata 77,05%, (70%) 14 orang peserta didik dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (15%) 3 orang peserta didik dengan kategori sedang, (15%) orang peserta didik dengan kategori rendah. Pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata kelas 88,95%, (90%) 18 orang peserta didik dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (5%) 1 orang peserta didik dengan kategori sedang, (5%) 1 orang peserta didik dengan kategori rendah. Dari data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Media gambar; Minat belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Nov 2023 04:29
Last Modified: 11 Nov 2023 04:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item