Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200502 Pijorkoling

Mahrani, Emmy (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Negeri 200502 Pijorkoling. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100287.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini ditemukan bahwa kecerdasan emosional peserta didik sangat penting dibina dalam mengelola emosinya, misal memberi saran yang baik, menasehati dengan cara yang tegas dan mengajar tidak menggunakan emosi. Disini peneliti tertarik untuk mengkaji kecerdasan emosional peserta didik dan melihat bagaimana upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik tersebut. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik, bagaimana gambaran kecerdasan emosional peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik, untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data deskriptif yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak tertulis dengan perilaku orang-orang yang diteliti Hasil Penelitian upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi mengembangkan empati, mengembangkan kejujuran, mengembangkan tanggung jawab dan ketegasan. Faktor pendukung antara lain : Faktor guru, faktor siswa, Sedangkan faktor penghambat antara lain yaitu: Faktor individu, faktor lingkungan, dan gambaran kecerdasan emosional peserta didik antara lain yaitu empati, kejujuran, tanggung jawab dan ketegasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Guru PAI; Mengembangkan; Kecerdasan emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Nov 2023 09:31
Last Modified: 10 Nov 2023 09:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9688

Actions (login required)

View Item View Item