Rambe, Nurul Hidayah (2023) Penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan fiqih pada siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 3 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam menerapkan metode Pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang masih dikatagorikan rendah atau belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat seberapa besarkah pengaruh menerapkan Metode Tanya Jawab dapat mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 3 Tapanuli Selatan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerepan metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih, Bagaimana Hasil Belajar Siswa setelah diterapkannya metode Tanya Jawab pada pembelajaran Fiqih. Berdasarkan rumusan masalah serta batasan istilah yang telah diuraikan maka peneliti merumuskan masalah penelitian ini bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar pendidikan fiqih pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 3 Tapanuli Selatan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 3 Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 3 Tapanuli Selatan yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian saat pra siklus, rata-rata kelas adalah 67,33 untuk ketuntasan ada 5 siswa atau 34% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 66%. Pada Siklus I Pertemuan I ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas 6 orang (40%), yang tidak tuntas 9 orang (60%), dan rata-rata yang diperoleh 69,33. Siklus I Pertemuan II siswa yang tuntas 9 orang (60%) yang tidak tuntas 6 orang (40%), dan nilai rata-rata yang diperoleh 74,66. Siklus II pertemuan I Siswa yang tuntas 11 orang (73%) yang tidak tuntas 4 orang (27%), dan nilai rata-rata yang diperoleh 77,33. Pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas 13 orang (86%), siswa yang tidak tidak tuntas 2 orang (14%), nilai rata-rata yang diperoleh 82,66.. Maka dari itu penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai persentase keberhasilan yang diinginkan yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar fikih; Metode tanya jawab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 09:17 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 09:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9686 |
Actions (login required)
View Item |