Lubis, Mariana (2023) Perlindungan hukum terhadap data konsumen di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan berdasarkan Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1910300018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah perlindungan data konsumen pada hotel Natama Syariah Padangsidimpuan tidak dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999. Pihak hotel memberikan data konsumen kepada pihak lain yang tidak memiliki wewenang, selain itu konsumen juga tidak mengetahui bahwa ada hak-hak mereka yang telah dilanggar oleh pihak hotel. Data konsumen merupakan identitas seseorang yang bersifat pribadi, yang harus dilindungi kerahasiaannya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk perlindungan hukum pihak hotel Natama Syariah terhadap data konsumen. Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat perlindungan hukum hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara, penelitian ini mengunakan pendekatan yuridis sosiologis dan konseptual. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer, data yang didapat langsung dari sumbernya dan data sekunder yang diperoleh dengan mencari referensi yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti, teknik pengolahan data berupa pengeditan, klasifikasi, analisis, dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bentuk perlindungan hukum Pihak hotel Natama Syariah terhadap data konsumen yaitu pihak hotel tidak memberikan informasi kepada pihak dari luar hotel dan akan bertindak tegas terhadap pegawai yang melanggar serta akan bertanggung jawab penuh terhadap kebocoran data konsumen. Adapunn faktor pendukung perlindungan hukum hotel Natama Syariah padangsidimpuan adalah kinerja pihak hotel yang cukup baik salah satu dalam pelayanan terbaik dihotel Natama Syariah kepada konsumennya dan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan membawa masyarakat untuk menfaatkan fasilitas hotel, tingkat pendidik yang tinggi yang dimiliki oleh konsumen khususnya mengenai perlindungan data konsumen. Faktor penghambat pelaksanaan perlindungan hukum dihotel Natama Syariah Padangsidimpuan adalah kurangnya pengawasan supervisor hotel Natama Syariah yang jarang melakukan pengawasan terhadap pegawai lainnya dan kurangnya sanksi yang diberikan oleh pihak hotel kepada para pegawai hotel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Syafri Gunawan, M.Ag dan Puji Kurniawan, M.A.Hk |
Keywords: | Perlindungan hukum; Data konsumen; Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:51 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9681 |
Actions (login required)
View Item |