Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Harahap, Sari Ati (2023) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa yang dikarenakan guru masih menerapkan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Guru sering menggunakan model ceramah yang mendominasi pembelajaran sehingga siswa lebih sering dijadikan sebagai objek belajar dari pada subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tounament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan: (a) Perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharahapkan tercapai. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 10 Padangsidimpuan yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi. Setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) sehingga diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa, Hal ini terbukti dari nilai aktivitas belajar siswa pada setiap Siklus meningkat, presentase Prasiklus (11,11%) kemudian dilanjutkan Siklus I pertemuan 1(18,52%), meningkat Siklus I Pertemuan 2 (29,62%), meningkat lagi Siklus II Pertemuan 1(55,56%), selanjutnya meningkat lagi Siklus II Pertemuan 2 ( 85,19%), karena aktivitas belajar sudah meningkat dan telah mencapai ketuntasan ≥75 % dari jumlah siswa seluruhnya. Dengan demikian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sudah mencapai 75, maka penelitian ini dikatakan berhasil dan dapat diberhentikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Iman kepada Kitab-kitab Allah kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd
Keywords: Penerapan; Teams Games Tournament (TGT); Aktivitas belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:09
Last Modified: 10 Nov 2023 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9674

Actions (login required)

View Item View Item