Siregar, Desminar (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di SMP Negeri 1 Arse Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100319.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa di SMP Negeri 1 Arse kecamatan Arse kabupaten tapanuli selatan sudah mampu membaca Al-Qur’an, akan tetapi masih ada didapati siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an. hal ini merupakan suatu aspek Pendidikan Islam yang perlu di perhatikan. Di SMP Negeri 1 Arse Pendidikan membaca Al-Qur’an mendapatkan perhatian lebih. Namun demikian karena beberapa faktor, mutu siswa dalam hal membaca Al-Qur’an masih perlu adanya upaya yang di lakukan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran membaca Al-Qur’an sehingga diharapkan akan adanya peningkatan pada mutu pembelajaran membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru Pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Arse kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan, Apa jenis metode yang digunakan guru Pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Arse kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Arse, untuk mengetahui apa enis metode yang di gunakan dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Arse. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni dengan menggambarkan data yang di peroleh di lapangan secara deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an diadakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, yang di laksanakan tiga kali pertemuan dalam seminggu dan satu kali pertemuan (ektrakulikuler) setelah proses pembelajaran selesai. Adapun upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa yaitu penambahan jadwal mata pelajaran Al-Qur’an, siswa di bagi sesuai kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran di mulai dan memberikan motivasi. Adapun metode yang di gunakan yaitu: metode iqro’, audio visual, metode tutorsebaya dan metode yang bervariasi yang dapat meningkatkan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa/siswi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, M.A |
Keywords: | Upaya guru; Kesulitan membaca al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9666 |
Actions (login required)
View Item |