Siregar, Mawarni (2023) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tondini Nusantara Huta Lombang Gunung Tua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100318.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan tondini Nusantara Huta Lombang Gunung tua Padang Lawas Utara, apa saja kendala yang di hadapi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan tondini Nusantara Huta Lombang Gunung tua Padang Lawas Utara, dan apa solusi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan tondini Nusantara Huta Lombang Gunung tua Padang Lawas Utara. Penelitian melihat guru sebagai salah satu komponen manusia dalam proses belajar mengajar. Guru ikut berperan aktif dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Tanpa adanya respon dari peserta didik di dalam proses pembelajaran tentu tidak akan membuat peserta didik bergairah dalam belajar. Oleh karena itu guru merupakan salah satu unsur di bidang Pendidikan yang harus berperan secara aktif dan menempatkan kedudukanya sebagai professional sesuia dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif artinya menggambarkan keadaan yang ditemui di lokasi penelitian yang terdiri dari fakta-fakta, kejadian yang menggambarkan objek yang diteliti secara langsung. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta kesimpulan data, dan verifikasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan tondini Nusantara Huta Lombang Gunung tua Padang Lawas Utara adalah memberikan motivasikepada peserta didik, memberi umpan balik, pemberian stimulus, memancing partsisipasi siswa di dalam kelas, sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Ada beberapa kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam, yaitu lambat dalam belajar, siswa yang kekurangan motivasi, siswa yang bersikap dan memiliki kebiasaan buruk dalam belajar. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru yaitu dengan siswa memberi gagasan yang kreatif, siswa memberikan motivasi yang tinggi, memberikan pengajaran yang baik tentang sikap, memberikan saksi berupa hukuman supaya siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan H. Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Keaktifan belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 07:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 07:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9665 |
Actions (login required)
View Item |