Harahap, Dinda Ali Parorizky (2023) Pengaruh model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas vii di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Adapun beberapa permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Hafalan. 2) Pemahaman. 3) Penerapan. 4) Analisis. 5) Evaluasi. 6) Mencipta. Hal inilah yang menyebabkan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di Sekolah Menengah Atas (SMP) negeri 10 padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Pair check memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan jenis desain Pretest-Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dan mengambil sampel sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen (VII-1) dan kelas kontrol (VII-2). Peneliti menggunakan soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui soal pretest dan postest yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran Pair Check adalah 48,12dan setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check adalah 82,9. Sedangkan nilairata-rata hasil belajar pretest kelas kontrol adalah 49,26087 dan rata-rata hasil belajar postest adalah 53,08696. Selain itu, peneliti juga melakukan uji t dan peneliti menemukan bahwa t_(hitung )hasil belajar postest lebih tinggi dari t_(tabel )(2,524546>2,727846). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Pengaruh; Model pembelajaran pair check; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:41 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9662 |
Actions (login required)
View Item |