Harahap, Ramadani (2023) Analisis minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Darul Falah Langga Payung. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi membiasan akhlak terpiji kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Darul Falah dan bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi membiasakan akhlak terpuji dan apa saja faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di Madarasah Aliyah Swasta Darul Falah Langga Payung. Penelitian ini adalah meneliti bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dan bagaimana hasil belajar siswa pada materi membiasakan akhlak terpuji dan apa saja faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Darul Falah Langga Payung. Hal ini dilakukan berdasarkan angket, tes dan wawancara secara langsung oleh peneliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa, bagaimana hasil belajar siswa materi membisan akhlak terpuji dan apa saja faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi. Penelitian ini adalah bentuk penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu gejala-gejala yang ada, yaitu itu gejala yang bersifat ilamiah. Penelitian ini menggunakan angket,tes dan wawancara sebagai alat instrument pengumpulan data. Dari hasil penelitian tentang minat belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Darul Falah Langga Payung diperoleh bahwa minat belajar siswa kurang baik, hal ini diperoleh dari penyebaran angket minat belajar siswa yaitu, 63 % merespon “jarang” dan siswa yang merespon kadang-kadang 37 %. Didukung dari Hasil tes minat belajar siswa melalui pembagian soal pilihan berganda memperoleh hasil 69, yang menunjukkan bahwa minat belajar masih kurang baik. Faktor yang mempengaruhi minat belajar dapat diperoleh dari faktor internal berupa: faktor kemauan belajar siswa, kenyamanan belajar, ketertarikan belajar dan faktor kesehatan siswa, faktor dari eksternal berupa:faktor pendidik, faktor lingkungan dan faktor lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd., M.Pd.I |
Keywords: | Analisis; Minat belajar; Akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:27 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9661 |
Actions (login required)
View Item |