Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV Di Kelas VIII SMP N 1 Ujung Batu

Siregar, Paujiah (2019) Pengaruh pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV Di Kelas VIII SMP N 1 Ujung Batu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 1 Ujung Batu Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara siswa kurang aktif dan hasil belaja rmatematika rendah. Salah satu penyebab hasil belajar matematika siswa rendah karena siswa kurang aktif, siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika dan kurang memanfaatkan kesempatan untuk bertanya. Selama ini, siswa hanya mendapatkan pembelajaran kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan maka peneliti membua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi spldv di kelas VIII SMP N 1 Ujung Batu Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen randomized control group desigh with pretest and postest. Penelitian ini di laksanakan di SMP N 1 Ujung Batu.Subjek penelitian ini kelas VIII1 yang berjumlah 20 siswa dan VIII2 yang berjumlah 20 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah test yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 86,25 dan nilai rata-rata di kelas kontro l71,2 dan hasil uji hipotesis menunjukkan = 3,55 = 2,0378. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran think talk write terhadap hasil belajar matematika pada materi spldv di kelas VIII SMP N 1 Ujung Batu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Think Talk Write; SPLDV
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 24 Apr 2020 23:33
Last Modified: 24 Apr 2020 23:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item