Dongoran, Azkhar Zuhdi (2023) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620200061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal- soal materi SPLTV dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena cara mengajar guru yang terlalu monoton atau kurang mampu melakukan strategi mengajar dengan baik, sehingga hasil belajar Matematika pada aspek kognitif masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi Matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi Matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-group- pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 162 siswa. Sampel penelitian yaitu seluruh kelas X MIA-2 yang berjumlah 22 siswa dan seluruh siswa kelas X MIA-4 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabelitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi Matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel di kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 3,281 ˃ ttabel = 2,020 dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata Post-test kelas kontrol yaitu 81,25 ˃ 76,55.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag |
Keywords: | Pembelajaran Think Talk Write (TTW); Kemampuan komunikasi matematika; Persamaan linear tiga variabel |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:56 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9658 |
Actions (login required)
View Item |