Ningsih, Nurul Setia (2023) Analisis strategi pemasaran usaha budidaya pepaya california untuk meningkatkan pendapatan petani dalam perspektif Islam di Kecamatan Nagajuang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200242.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Strategi pemasaran dalam ekonomi islam hanya dinyatakan bagi setiap pasar sasaran dalam segi penjualan, kontribusi, laba, dan tujuan kualitatif lainnya serta tidak mengurangi atau melebihkan timbangan.. Seorang pengusaha dalam pandangan bisnis islam bukan sekedar keuntungan, melainkan juga keberkahan, yaitu kemantapan dari usaha itu dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan di ridhoi Allah SWT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran usahabudidaya pepaya California untuk meningkatkan pendapatan petani menurut perspektif islam di Kecamatan Nagajuang.strategi pemasaran dalam islam harus meliputi, segmentasi pasar, targeting, positioning, shariah marketing tactics, dan shariah marketing value. Dalam prinsip strategi pemasaran Islam syarat mencapai keberkahan yaitu jujur dalam takaran, menjual barang yang baik mutunya, dilarang menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati, membangun hubungan baik antar kolega, tertib administrasi dan menetapkan harga dengan transparan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi dengan jumlah sampel 13 responden, yaitu dengan 12 petani pepaya dan seorang distributor pepaya di Kecamatan Nagajuang Hasil penelitian analisis melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dengan petani budidaya pepaya di Kecamatan Nagajuang Kabupaten Mandailing Natal bahwa strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan pendapatan petani adalah dengan menerapkan system bauran pemasaran: product, price, place dan promotion. Harganya relatif murah dan sangat terjangkau, untuk strategi distribusi atau tempat petani pepaya memiliki dua strategi distribusi yaitu distribusi melalui agen dan distribusi secara langsung yaitu dengan cara di jual kepasar-pasar tradisional, strategi produk yaitu berupa pepaya yang berjenis california, strategi promosi yang dilakukan oleh para petani untuk saat ini masih menggunakan cara yang sangat sederhana yaitu dengan penjualan personal atau promosi langsung (personal selling). Strtegi pemasaran Islam yang tidak diterapkan yaitu transparansi harga antara pihak yang melakukan transaksi, yakni distributor dengan agen yang ada diluar daerah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A dan Samsuddin Muhammad S.E., M.Si |
Keywords: | Analisis; Strategi pemasaran; Pendapatan; Perspektif ekonomi Islam |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:44 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9657 |
Actions (login required)
View Item |