Malau, Mila Fazriana (2023) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 153009 Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SD Negeri 153009 Bottot 1. Hal ini disebabkam karena peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran, guru juga kurang mengantarkan proses pembelajaran yang mengarah terhadap keterampilan proses atau belum maksimal mengajak peserta didik untuk menemukan sendiri suatu proses sains. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda dikelas V SD Negeri 153009 Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dikelas V SD Negeri 153009 Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan wali kelas V SD Negeri 153009 Bottot 1. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 153009 Bottot 1 dengan subjek penelitian yaitu 10 orang peserta didik yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Adapun intrumen pengumpulan data berupa observasi dan lember kerja peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat II kali pertemuan. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dikleas V SD Negeri 153009 Bottot 1. Hal ini dilihat dari hasil keterampilan proses sains peserta didik mulai dari pra siklus dengan rata-rata 52 dan persentase ketuntasan 10%. Kemudian pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 63 dengan persentase ketuntasan 20%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata yaitu 73,8 dengan persentase ketuntasan 40%. Kemudian pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,2 dengan persentae ketuntasan 80%. Dan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata peserta didik mencapai 85,5 dengan persentese ketuntasan 90%. Dengan demikian penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan proses sains peserta didik; Model pembelajaran inkuiri; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:07 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9653 |
Actions (login required)
View Item |