Siregar, Nurija (2023) Peranan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi permasalahan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman umat Islam dalam setiap aspek kehidupan. Langkah awal untuk dapat memahami pesan yang terkandung di dalamnya adalah dengan membacanya, untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih (baik dan benar) sesuai kaidah dan ilmu tajwid, diperlukan pengajaran, latihan dan pembiasaan.Guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian, tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan. Guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melati, mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan? Bagaimana cara guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi permasalahan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan? Penelitian ini ialah penelitian kualitatif berjenis penelitian deskriptif dengan tehnik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru dalam mengatasi permasalahan baca tulis Al-Qur’an siswa masih kurang, hal ini dikarenakan peranan guru dalam proses belajar mengajar belum sempurna. Padahal peran guru pendidikan agama Islam merupakan seorang pendidik, motivator, fasilitator, dan sekaligus evaluator bagi siswa dan membimbing siswa supaya lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an. Guru berperan penting bagi siswa karna guru seharusnya menjadi seorang tauladan (panutan) bagi para muridnya, sehingga peranan guru pendidikan agama Islam terlaksana dan menjadikan siswa generasi muda lebih mengenal Al-Qur’an dan berguna di masa depan begitu juga bekal di akhirat nantinya. Cara guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi permasalahan baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yaitu dengan menggunakan variasi atau metode dalam pembelajaran dan juga membuat tambahan pelajaran sehingga guru mampu menjelaskan pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.Ag dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Baca tulis al-Qur’an; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:48 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9649 |
Actions (login required)
View Item |