Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan media flash card untuk meningkatkan keterampilan mengenal huruf siswa di Kelas I SD Negeri 100280 Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Risa Sulastri (2023) Penerapan media flash card untuk meningkatkan keterampilan mengenal huruf siswa di Kelas I SD Negeri 100280 Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa dalam mengenal huruf dalam pembelajaran masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang keterampilan siswa dalam belajar berupa media pembelajaran flash card pada materi mengenal huruf. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah keterampilan siswa dalam mengenal huurf di kelas I SD Negeri 100280 Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara dapat meningkatdengan menggunakan media flash card dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan siswa dalam mengenal huruf di kelas I SD Negeri 100280 Parigi Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100208 Parigi dengan subjek uji coba produk dikelas I-A berjumlah 26 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan angket . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini sudah digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengenal huruf dengan persentasi peningkatan pada pra siklus sebesar 33%, siklus 1 sebesar 55% dan siklus 2 sebesar 87%. Selain itu pada siklus 2 telah terjadi peningkatan keterampilan mengenal huruf diatas 85 %. Kemudian berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, kemampuan siswa dalam mengenal huruf dikategorikan meningkat dengan hasil tes yang dilakukan pada saat pra siklus dengan nilai rata-rata 47,3 (Sangat Kurang), siklus I dengan nilai rata-rata 60 (Cukup) dan siklus II dengan nilai rata-rata 73,07 (Baik). Kemudian hasil angket respon siswa terhadap media flash card yang digunakan dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Penerapan; Media flash card; Bahasa Indonesia; Keterampilan mengenal huruf
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:25
Last Modified: 07 Nov 2023 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item