Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pembelajaran baca tulis al-Qur'an siswa Mts Muhammadiyah 22 Kota Padangsidimpuan

Nasution, Nasyiaturrodhiyah (2023) Metode pembelajaran baca tulis al-Qur'an siswa Mts Muhammadiyah 22 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100329.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini ialah siswa kesulitan membaca Al-Qur'an dikarenakan siswa belum sepenuhnya memiliki dasar belajar Al-Qur'an dan sebagian siswa dulu berasal dari sekolah umum sehingga membuat siswa kurang dasar-dasar Al-Qur'an. Kurang nya minat, perhatian dan bakat siswa dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur'an. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang digunakan guru baca tulis Al-Qur‟an siswa MTs Muhammadiyah 22 kota padangsidimpuan, apa hambatan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang dihadapi guru MTs Muhammadiyah 22 kota padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan guru baca tulis Al-Qur‟an pada siswa, untuk mengetahui hambatan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang dihadapi guru MTs Muhammadiyah 22 kota padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan peneliti adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif, dimana penelitian kualitatf deskriptif ialah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta karakteristik objek atau subjek yang diteleti secara tepat. teknik pengumpualan data ialah observasi dan wawancara. teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, deskritif data dan menarik kesimpulan. Dan teknik penjamin keabsahan data adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian tentang metode pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an yang dilakukan guru baca tulis Al-Qur‟an ialah metode iqra dan qira‟a, metode ini sangat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Hambatan yang dihadapi guru baca tulis Al-Qur‟an adalah adanya faktor guru, faktor siswa dan faktor waktu yang menyebabkan guru kesulitan dalam penyampaian pembelajaran karena adanya siswa yang belum bisa baca tulis Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Metode pembelajaran; Baca tulis al-Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:40
Last Modified: 06 Nov 2023 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item