Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran every one is a teacher here untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak Kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Rambe, Mariyati (2023) Strategi pembelajaran every one is a teacher here untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak Kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah pada siswa kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling pada proses pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak kurang aktif. Terlihat pada proses pembelajaran masih banyak siswa yang kurang merespon pembelajaran, partisipasi kelas sangat kurang terutama siswa tidak mampu mengemukakan pendapat didepan kelas karna malu dan sebagainya. Serta kurangnya variasi/teknik guru dan strategi pembelajaran yang diulang-ulang dalam pelaksanaan pembelajaran mengakibatkan siswa mudah bosan dan menjadikan kurang aktifnya kelas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan Strategi pembelajaran Every One Is A Teacher Here pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara dan bagaimana peningkatan Keaktifan Belajar siswa setelah dilaksanakannya Strategi Pembelajaran tersebut. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya dan bagaimana peningkatan keaktifan siswa setelah dilaksanakannya Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sering disingkat dengan (PTK). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan Observasi 9 aspek kegiatan keaktifan siswa yang akan dinilai dengan menggunakan empat langkah Penelitian PTK. Teknik analisis data ialah dalam penelitian observasi terhadap kerja/aktifitas siswa dengan aspek kegiatan yang 9 harus mencapai 75% dalam setiap indikatornya dari jumlah seluruh siswa. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here bisa Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTs Darul Ulum Pijorkoling Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Peningkatannya dapat dilihat dari perkembangan pembelajaran pada siklus pembelajaran yaitu, Pada pra siklus keaktifan belajar siswa mencapai 37%. kemudian di siklus I pada pertemuan Ke-I keaktifan belajar siswa mencapai 48% kemudian pada Siklus I Pertemuan Ke-II mengalami peningkatan menjadi 65%. kemudian di siklus II pertemuan Ke-I kekatifan belajar siswa meningkat menjadi 80%,pada siklus II pertemuan Ke-II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Strategi pembelajaran every one is a teacher here; Keaktifan belajar; Pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:10
Last Modified: 06 Nov 2023 02:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item View Item