Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Halongonan Timur

Laila, Sukma Erma (2023) Pengaruh metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Halongonan Timur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa kurang berminat dalam belajar matematika dikarenakan bagi mereka matematika itu ilmu yang rumit, susah, membingungkan, membosankan, bahkan menakutkan. Dengan begitu guru harus menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah quantum learning. Metode quantum learning ini dapat melatih kemampuan kognitif siswa serta membuat siswa semangat dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode quantum learning ini diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan dari metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Satu Atap Halongonan Timur? Serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Satu Atap Halongonan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun instrumen penelitian ini dengan menggunakan tes. Sedangkan pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,60 dan kelas kontrol 71,40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 5,256 > 2,0106 dengan taraf signifikan 5% maka H_0 ditolak dan H_aditerima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari metode quantum learning terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Satu Atap Halongonan Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Quantum learning; Kemampuan kognitif; Lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:41
Last Modified: 03 Nov 2023 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9615

Actions (login required)

View Item View Item