Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTs S Al-Hakimiyah Paringgonan

Nasution, Elmida (2023) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTs S Al-Hakimiyah Paringgonan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang kompleks, membingungkan dan rumit untuk dipahami sehingga siswa merasa kesulitan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pembelajaran yang dilakukan guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs S Al-Hakimiyah Paringgonan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs S Al-Hakimiyah Paringgonan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Data di analisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 79,22 dan kelas kontrol sebesar 69,56. Ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs S Al-Hakimiyah Paringgonan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu t_hitung> t_tabel dengan taraf 5% sehingga 3,037 > 1,99773 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Model problem based learning; Kemampuan berpikir kritis; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:24
Last Modified: 03 Nov 2023 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item