Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model cooperative script dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV di Kelas VII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan

Pohan, Amelia Hapipa (2023) Penggunaan model cooperative script dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV di Kelas VII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan yang masih rendah, dikarenakan pembelajaran yang bersifat konvensional. Salah satu upaya yang harus dilakukan guru bidang studi matematika untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa dengan penggunaan model Cooperative Script dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan model Cooperative Script pada materi SPLDV dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan, bagaimanakah keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Script. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV melalui penggunaan model Cooperative Script di kelas VIII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil data penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi dari keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa dengan persentase ketuntasan tes awal 28,57% dengan rata-rata 61,14 pada siklus I pertemuan I dengan persentase ketuntasan 45,71% dengan rata-rata 65,85, pada Siklus I pertemuan II dengan persentase ketuntasan 57,14% dengan rata-rata 75,71. Pada siklus II pertemuan I dengan persentase ketuntasan 71,42% dengan rata-rata 76,28, dan pada siklus II pertemuan II dengan persentase ketuntasan 77,14% dengan rata-rata 81,28. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Cooperative Script dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII MTs Al-Mukhlishin Sibuhuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Cooperative script; Kemampuan representasi matematis siswa; SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:16
Last Modified: 03 Nov 2023 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item