Harahap, Herlan Diani (2023) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan strategi everyone is teacher here di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 101600 Purbabangun Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi proses pencernaan manusia, disebabkan kurangnya variasi penerapan model pembelajaran dan membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran, sehingga memerlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih variatif, dalam penelitian ini dengan menggunakan strategi Everyone Is Teacher Heredalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat meningkat setelah menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here pada pembelajaran materi proses pencernaan manusia pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 101600 Purbabangun Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V melalui penggunaan strategi Everyone Is Teacher Here. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 101600 Purbabangun Padang Lawas Utara subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi organ peredaran darah manusia mengalami peningkatan disetiap siklusnya dari pre test nilai rata-rata siswa 33,33, siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa 70, dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 40% (6 dari 15 siswa), pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa 75,66 dengan persentase ketuntasan siswa 53,33 (8 dari 15 siswa), sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi nilai rata-rata siswa 80, dengan persentase ketuntasan 60% (9 dari 15 siswa), siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 84 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80% (12 dari 15 siswa) maka hasil nilai pada penelitian ini sudah mencapai indikator maka dapat dihentiakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi everyone is teacher here; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:43 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9608 |
Actions (login required)
View Item |