Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar pada materi himpunan di Kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Pribadi, Ananda Bagus (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar pada materi himpunan di Kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150500013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kurang baik karena minat dan motivasi siswa tidak baik dalam mengikuti pembelajaran matematika dikarenakan siswa dan siswi menganggap matematika sulit dan pembelajaran yang menyeramkan. Guru cenderung menggunakan model Pembelajaran konvensional ini di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dan media pembelajaran masih menggunakan buku paket, papan tulis, dan spidol. Perlu dilakukan suatu perubahan dalam menyampaikan materi matematika dimana pembelajaran yang dilakukan lebih fokus kepada minat siswa sehingga memungkinkan siswa lebih suka, tertarik dan memperhatikan penjelasan guru dalam pembelajaran dan mengembangkan potensi yang dimiliki siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menawarkan salah satu model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament(TGT) dan tipe Make a Match. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menerapkan model Kooperatife Tipe Make a Match dan Kooperatife tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam proses pembelajaran dengan materi Himpunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini 20 siswa untuk setiap kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan desain Non Probability Sampling dengan tipe purposive sampling. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) nilai rata-rata siswa sebesar 58,66 menjadi 82,16. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match rata-rata siswa sebesar 58,16 dan menjadi 81,84.Sedangkan pada kelas kontrol nilai pre test sebesar 58,5 dan nilai post test sebesar 70,34. Pada uji anava nilai sig < 0,05 yaitu 0,006 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5,694 > 3,59. Dapat disimpulkan bahwa ketiga metode tersebut sama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari kegiataanya, yang paling baik adalah kelas yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) yaitu 82,16, disusul kelas yang menerapkan Make A Match (MAM) dengat rata-rata 81,99.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Hasil belajar; TGT; MAM
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:43
Last Modified: 02 Nov 2023 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9603

Actions (login required)

View Item View Item