Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya Guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah Aliyah PP Darul Falah Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Harahap, Suci Ramadani (2018) Upaya Guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di madrasah Aliyah PP Darul Falah Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya prestasi belajar siswa yang rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, apa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah PP Darul Falah Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di madrasah aliyah PP Darul Falah Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara memberi motivasi belajar siswa yaitu dengan memberi nilai, memberi pujian, gerakan tubuh, memberi tugas, memberi ulangan, mengetahui hasil, memberi hukuman serta memacu minat siswa. Memberi bimbingan belajar. Membuat metode bervariasi dan pendekatan mengajar. Mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan agama Islam ada dua faktor yaitu faktor internal(faktor yang berasal dari diri siswa) yaitu aspek fisiologis yang sering dikenal dengan keadaan fisik dari siswa. Aspek psikologis yaitu Intelegensi, perhatian, minat,motivasi, dan baka. Faktor eksternal(faktor yang berasal dari luar diri siswa) siswa seperti faktor lingkungan dan faktor Instrumental (sarana prasarana seperti ruang belajar, media pembelajaran, guru, materi pelajaran, dan starategi belajar yang digunakan)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru pendidikan agama Islam; Prestasi belajar siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 25 Apr 2020 00:39
Last Modified: 25 Apr 2020 00:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item