Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Kabupaten Padang Lawas

Daulay, Maskur Subhan (2023) Strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini fokus pada strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di pondok pesantren Syakira Barumun Kabupaten Padang Lawas. Untuk mencapai kualitas hafalan yang baik memang harus dengan menerapkan strategi yang berpotensi untuk membangkitkan minat dan motivasi santri/ah penghafal al-Qur’an. Temuan peneliti pada mulanya melihat bahwa strategi guru tahfidz yang tidak membuahkan hafalan yang berkualitas, secara kasat mata melihat bahwa guru tahfidz hanya melakukan proses tasmi’ saja, tanpa dilakukan dengan cara yang lebih maksimal. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka peneliti merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Padang Lawas, bagaimana kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Padang Lawas, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Padang Lawas. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Padang Lawas sesuai dengan hasil temuan peneliti yaitu strategi metode wahdah yakni dengan melakukan pengulangan ganda (muraja’ah), tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal, dan menerapkan sistem reward dan punishment. Kualitas hafalan santri/ah tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Syakira Barumun Kabupaten Padang Lawas dapat diakatakan dengan baik dinilai dari bacaan tartil, tajwid, kelancaran bacaan, dan hafalan yang kuat. Faktor pendukung dan penghambat guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Syakira Barumun Padang Lawas, yaitu: faktor pendukung antara lain: a) kemampuan menghafal al-Qur’an yang cepat, b) santri memiliki motivasi yang tinggi. Faktor penghambat antara lain: a) adanya kebosanan dalam menghafalkan al-Qur’an, b) kurangnya pengawasan terhadap santri/ah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Strategi guru tahfidz al-Qur’an; Kualitas hafalan santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Nov 2023 09:05
Last Modified: 01 Nov 2023 09:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9595

Actions (login required)

View Item View Item