Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sikap siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah

Rangkuti, Rikah Asrila (2019) Sikap siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah”, yaitu suatu kajian tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi sikap siswa terhadap pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga perlu diteliti apakah yang mempengaruhi sikap siswa tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, apa yang mempengaruhi Sikap Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, dan ingin mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara. Teknik analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agam Islam adalah dikategorikan masih bersikap kurang baik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terbukti pada sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sikap siswa dalam membaca buku-buku yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam, sikap siswa saat mendengarkan penjelasan guru, sikap siswa ketika mencatat yang dijelaskan. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah digolongkan kepada dua golongan, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang ada dalam individu siswa, yaitu malas belajar, lemahnya pemahaman siswa, keluar masuk kelas, dan belum bisa baca al-Quran. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar diri siswa, yang meliputi penggunaan media dan kurang kerja sama guru dengan orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran pendidikan agama islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 25 Apr 2020 01:08
Last Modified: 25 Apr 2020 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item