Koto, Nurjunida Sarah (2023) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan awal penulis yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang sudah bagus dilihat dari rata-rata prestasi belajar yang berada di atas KKM. Prestasi ini dicapai karena guru Pendidikan Agama Islam melakukan perbaikan pada proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana masalah pokok yang dimaksud yaitu bagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan bagaimana evaluasi pembelajaran yang di berikan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang diberikan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat di lapangan. Dalam pelaksanaannya, peneliti langsung masuk ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data secara lengkap sesuai dengan pokok permasalahan penelitian. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam melakukan terobosan-terobosan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mulai dari pertama, dalam perencanaan yang dilakukan guru di awal pembelajaran adalah membuat RPP untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam RPP dijelaskan bahwa guru menerapkan beberapa model pembelajaran yaitu: Cooperative Learning dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua, dalam pelaksanaan Guru melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan gaya mengajar, memanfaatkan fasilitas sekolah untuk mendukung proses pembelajaran, menggunakan metode yang sesuai dengan materi pelajaran dan menerapkan model pembelajaran. Ketiga, dalam evaluasi guru melakukan uji coba dan menganalisis kembali soal yang telah diberikan kepada siswa dengan mengubah, memperbaiki, dan menghapus serta memilih soal mana yang baik digunakan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Manajemen pembelajaran; Prestasi belajar; Mata pelajaran PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 07:41 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 07:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9578 |
Actions (login required)
View Item |