Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan swalayan Rahmat Syariah City Walk Kota Padangsidimpuan

Barus, Adinda Fifi Aprilia (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan swalayan Rahmat Syariah City Walk Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200358.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Menjamunya bisnis usaha swalayan di Kota Padangsidimpuan yang mengakibatkan terjadinya tingkat persaingan yang sangat ketat dan perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan swalayan Rahmat Syariah City Walk harus meningkatkan strategi pemasaran karena tingkat pendapatan swalayan Rahmat Syariah City Walk tidak stabil bahkan menurun. Maka penting bagi swalayan Rahmat Syariah City Walk untuk lebih memperhatikan bagaimana meningkatkan penjualan agar lebih stabil dengan menciptakan strategi alternative. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan swalayan Rahmat Syariah City Walk Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan swalayan sehubungan dengan itu pendekatan ini dilakukan dengan teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan yaitu membahas tentang strategi pemasaran, penjualan, analisis SWOT. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 informan. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran swalayan Rahmat Syariah City Walk dari analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa posisi strategi pemasaran Swalayan Rahmat Syariah City Walk terletak pada kuadran satu yang merupakan posis pertama yang artinya perusahaan diposisi terbaik dan prima, perusahaan mempunyai kekuatan dan peluang yang sangat besar, meningkatkan kemungkinan untuk terus berkembang, berinovasi dan lebih maju. Strategi SO untuk strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Swalayan Rahmat Syariah City Walk yaitu didukung oleh lokasi yang strategis, perusahaan diharapkan lebih gencar lagi dalam mempromosikan barang kepada masyarakat, baik menawarkan secara langsung maupun melalui social media, melakukan promo lebih dengan memberikan diskon tambahan, memanfaatkan pelanggan tetap untuk memberikan reward atau voucher belanja, melakukan berbagai inovasi baru yang bertujuan meningkatkan citra perusahaan agar bisa menggaet banyak konsumen baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Ihdi Aini, M.E.
Keywords: Analisis SWOT; Strategi pemasaran; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:26
Last Modified: 27 Oct 2023 03:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9565

Actions (login required)

View Item View Item