Waruwu, Elfidah Aziz (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi minat belajar siswa yang berbeda-beda terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli bahwa sebagian besar siswa menunjukkan perhatian dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan ada beberapa siswa yang menunjukkan kurangnya semangat pada saat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. Tujuan penelitian mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. Metodologi penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data menggunakan wawancara dan observasi,. Wawancara dilakukan dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada subjek yaitu siswa-siswi kelas VIII yang berjumlah 16 orang dan guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 1 orang. Observasi dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap objek penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Muhammadiyah 32 Gunungsitoli Kota Gunungsitoli tergolong berminat. Hal ini dibuktikan adanya perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Meskipun ada beberapa siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari faktor internal meliputi: kebutuhan siswa terhadap kegiatan agama (kebutuhan rohani), hubungan dan manfaat dari kegiatan belajar agama bagi diri, dan kondisi kesehatan jasmani. Faktor eksternal meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan lingkungan Non sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Minat belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:23 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 02:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9561 |
Actions (login required)
View Item |