Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran pada usaha kain tenun tradisional Sipirok ditinjau dari segi digital marketing (studi kasus Usaha Tenun Ritonga)

Nasution, Nur Isnaini (2023) Analisis strategi pemasaran pada usaha kain tenun tradisional Sipirok ditinjau dari segi digital marketing (studi kasus Usaha Tenun Ritonga). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Usaha Tenun Ritonga menjadi salah satu usaha tenun terbesar di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Usaha ini cukup terkenal dengan citra yang baik karena memiliki kualitas produk dan pelayanan yang bagus sebagai strategi pemasarannya. Dalam upaya memperluas pemasaran Usaha Tenun Ritonga ini mulai menggunakan teknologi digital yang diharapkan mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap strategi pemasaran pada Usaha Tenun Ritonga yang ditinjau dari segi digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran melalui digital marketing pada Usaha Tenun Ritonga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yakni strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran ataupun marketing mix yang meliputi produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu Penelitian Kualitatif Lapangan atau field research merupakan penelitian yang dilakukan langsung di lapangan oleh peneliti dengan tujuan untuk memperoleh informasi deskripsi mengenai peristiwa dan data sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif yang menjadi salah satu metode penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif data secara tertulis maupun tidak tertulis melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi langsung dilapangan dengan dilengkapi data dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan mengguakan perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa strategi pemasaran melalui digital marketing pada Usaha Tenun Ritonga belum berjalan dengan optimal dan memberikan hasil yang maksimal. Adapun bauran pemasaran yang diteliti pada usaha ini, peneliti menemukan kurangnya kontrol terhadap penjualan digital dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengelola pemasaran melalui digital marketing agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si.
Keywords: Strategi pemasaran; Digital marketing; Kain tenun
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:53
Last Modified: 26 Oct 2023 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item