Nurhani, Bunga (2023) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Tematik siswa di SD Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ini belum pernah digunakan dalam pembelajaran Tematik di kelas V. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 200220 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan tepatnya di kelas V-B dengan jumlah siswa 33 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 50,6 dan persentase ketuntasan 24,2%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata- rata kelas 61,6 dan persentase ketuntasan sebesar 39,3%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas 75,4 dan persentase ketuntasan 54,5%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas adalah 80,1 dan persentase ketuntasan menjadi 69,6%. Dan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata kelas mencapai 81,2 dengan persentase ketuntasan 87,8%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran CIRC; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:25 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9551 |
Actions (login required)
View Item |