Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Andrini, Olivia (2023) Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, bahwa aktivitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VII tergolong rendah. Dari hasil pengamatan terlihat dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan siswa kurang antusias mendengar penjelasan guru dan kurang tertarik terhadap kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan sesi tanya jawab, siswa juga terlihat kurang aktif dalam menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh guru. Maka dibutuhkan penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah di kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan/tindakan (acting), pengamatan (observasing) dan refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 4 SMP N 8 Padangsidimpuan. Instrument penelitian ini adalah observasi dan angket. Hasil penelitian ini yang dapat disimpulkan peneliti adalah Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Dilihat dari hasil Angket aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 74% dan pada siklus II menjadi 82%. Maka dari itu penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dwi Maulida Sari, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; Aktivitas balajar; PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:16
Last Modified: 26 Oct 2023 02:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item