Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode pembelajaran team quiz untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SDN 314 Simpang Nunur Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal

Junita, Junita (2023) Penerapan metode pembelajaran team quiz untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SDN 314 Simpang Nunur Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengatasi kondisi siswa yang kurang aktif dan malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan oleh guru. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menerapkan metode pembelajaran untuk mengaktifkan proses belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini berguna untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 314 Simpang Nunur pada materi IPA. Penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan metode Team Quiz. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 314 Simpang Nunur yang berjumlah 15 siswa, dengan jumlah sampel 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Simpang Nunur, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kurt Lewin dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 314 Simpang Nunur, Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal, yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif . Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa dengan mencapai nilai KKM >75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPA materi perpindahan suhu dan kalor kelas V SDN 314 Simpang Nunur. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dilihat dari angket yang sudah dibagikan pada akhir setiap siklus. Hasil pada siklus I tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 61,66% dan refleksi tingkat keaktifan belajar siswa pada siklus II yaitu 86,66%. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, selisih antara siklus I dengan siklus II sebesar 25% melalui metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perpindahan suhu dan kalor kelas V SDN 314 Simpang Nunur, Kecamatan Ranto Baek, Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Metode pembelajaran team quiz; Menigkatkan keaktifan siswa; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:01
Last Modified: 25 Oct 2023 04:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9541

Actions (login required)

View Item View Item