Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga

Panggabean, Rosmaniar (2023) Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100228.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh sehingga didalam pendidikan yang sudah mengalami perkembangan dalam ilmu pengetahuan tekhnologi informasi dan komunikasi yaitu media sosial maka perlu dimanfaatakan pada mata pelajaran fiqh yang sulit dipahami karena perlu praktek. Oleh karena itu penting untuk diteliti bagaimana pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran fiqh. Rumusan masalah ini Bagaimana pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. Apakah pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengguakan metode kualitatif deskriptif. Dimana pendekatan ini mementingkan penguraian fenomena yang teramati di lapangan yang berlangsung secara alami, dimana peneliti merupakan instrument utama. Adapun data yang dikumpulkan adalah melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga sudah cukup efektif dan efisien dalam proses pembelajaran membantu mempermudah menyampaikan materi shalat Jenazah supaya peserta didik bersemangat serta tidak bosan dan tertarik dengan pelajaran fiqh. Pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan pembelajaran fiqh di MTs Swasta Muhammadiyah 04 Sibolga dengan dilihat perubahan perolehan nilai praktek mata pelajaran fiqh dari peserta didik kelas VIII-1 yang memperoleh nilai yang tinggi sebanyak 20 orang mengalami perubahan peningkatan setelah memanfaatkan media sosial sedangkan sebelumnya tanpa bantuan media sosial sebanyak 10 orang memperoleh nilai tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Pemanfaatan; Media sosial; Pembelajaran fiqh
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:33
Last Modified: 25 Oct 2023 01:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item