Sukriyah, Aina (2023) Faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui bagaimana kesiapan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang, masih tergolong rendah, padahal seharusnya siswa kelas 1 sudah dituntun untuk lancar membaca karena membaca merupakan hal yang sangat penting dalam setiap proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat?, Bagaimana cara guru mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang?, Bagaimana solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang?. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (Kepala Sekolah,Wali kelas 1 dan siswa). Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjang keikutsetaan dan triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, deskripsi data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan siswa masih rendah. Hal ini ditujukkan oleh faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya meliputi faktor jasmani dan psikologis yakni lemahnya daya ingat siswa yang menyebabkan siswa lambat dalam pembelajaran membaca. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi faktor keluarga dan sekolah yakni kondisi ekonomi keluarga yang membuat siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, dan kurangnya perhatian orang tua serta motivasi orangtua. Cara guru mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri 13 Sijanih Kecamatan Lembah Melintang dengan cara memberikan kegiatan pengulangan bahan materi (pengayaan), memberikan motivasi belajar, mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, dan memberikan pengajaran perbaikan (remedial) kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Faktor-faktor penghambat; Pembelajaran; Membaca permulaan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 04:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9528 |
Actions (login required)
View Item |