Harahap, Ismailani (2023) Peran guru dalam membina sikap peduli lingkungan pada SMA Negeri 1 Batang Toru Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100146.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Guru Dalam Membina Sikap Peduli Lingkungan Pada SMA Negeri 1 Batang Toru?, Apakah guru memerankan diri sebagai motivator, teladan, pembimbing, informator, dan fasilitator dalam membina sikap peduli lingkungan pada SMA Negeri 1 Batang Toru?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Dalam Membina Sikap Peduli Lingkungan Pada SMA Negeri 1 Batang Toru, dan untuk mengetahui apakah guru memerankan diri sebagai motivator, teladan, pembimbing, komunikator, dan inspirator dalam membina sikap peduli lingkungan Pada SMA Negeri 1 Batang Toru. Penelitian ini diprediksi menunjukkan bahwa guru SMA Negeri 1 Batang Toru melakukan peran-peran yang penting dalam membina sikap peduli siswa pada lingkungan diantaranya sebagai motivator, sebagai teladan, sebagai pembimbing, sebagai komunikator, dan juga sebagai inspirator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan prilaku peran guru dalam membina sikap peduli lingkungan pada SMA Negeri 1 Batang Toru. Adapun dalam penelitian ini adalah 35 orang guru yang ada pada SMA Negeri 1 Batang Toru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam membina sikap peduli lingkungan pada siswa guru melakukan peran: pertama, peran sebagai motivator, yaitu guru memotivasi siswa agar selalu menjaga kebersihan dan membiasakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang nyaman dan sehat. Kedua, peran sebagai teladan, yaitu guru memberikan contoh dan ikut bekerja sama dengan peserta didik dalam hal menjaga kebersihan dan peduli lingkungan. Ketiga, peran sebagai pembimbing, peran ini ditunjukkan guru berupa arahan atau bimbingan kepada peserta didik dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan yaitu melalui organisasi adiwiyata. Keempat, peran sebagai informator, yaitu guru selalu menyampaikan agar menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah pada sembarang tempat. Kelima, peran sebagai fasilitator, yaitu guru memfasilitasi siswa dengan memberikan bunga, dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A. dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Peran guru; Membina sikap; Peduli lingkungan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9527 |
Actions (login required)
View Item |