Siagian, Gongma Sari (2023) Pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 100307 Tiangaras. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan dalam menulis puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh proses pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajarannya. Hal ini menyebabkan siswa tersebut pasif dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran dan merasakan kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan dalam penulisan puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 100307 Tiangaras. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen atau pre-experimental. Metode pre-experimental yaitu One Group Pretest-Posttest Design adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan dan setelah itu memberikan tes akhir (posttest). Pengambilan sampel dengan mengguanakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas eksperimen 24 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil posttest diperoleh bahwa rata-rata kemampuan menulis puisi pada siswa dengan menggunakan media gambar (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan menulis puisi pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 63,83. Rata-rata nilai yang diperoleh kelas kontrol yaitu 62,92. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 78,46 dan kelas kontrol sebesar 72,96. Jumlah peningkatan kelas eksperimen sebesar 13,63% sedangkan kelas kontrol 10,04%. Selisih peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,59%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
Keywords: | Media gambar; Kemapuan menulis; Pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 03:24 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 03:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9525 |
Actions (login required)
View Item |