Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran pada MTs Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Sonja Masniari (2023) Implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran pada MTs Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

MTs Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan Aek Hayuara Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai visi dan misi sebagaimana layaknya lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Penerapan visi dan misi dalam proses pembelajaran di madrasah ini masih belum tercapai dalam implementasi visi dalam proses pembelajaran dikarenakan komponen komponen pembelajarran masih lemah. Oleh karena itu, perlu untuk mengimplementasikan kembali visi dan misi dalam proses pembelajaran kearah yang lebih berkembang untuk kedepannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui gambaran faktor penghambat dalam implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran pada MTs pondok pesantren syekh muhammad dahlan aek hayuara sibuhuan kecamatan barumun kabupaten padang lawas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dalam implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran pada MTs pondok pesantren syekh muhammad dahlan aek hayuara sibuhuan kecamatan barumun kabupaten padang lawas belum tercapai dalam mengimplementasikan visi dan misi dalam proses pembelajaran melalui komponen komponen pembelajaran seperti: guru, peserta didik, proses pembelajaran, implementasi kurikulum, bahan dan materi pelajaran, sarana dan prasarana, kegiatan ekstrakulikuler. Adapun faktor penghambat dalam implementasi visi dan misi dalam proses pembelajaran yaitu latarbelakang guru terkadang tidak sama, pengalaman mengajar seorangguru kurang berkualitas, tingkah laku guru yang lebih mengarah kepada mempertahankan cara yang lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd.
Keywords: Implementasi visi dan misi; Proses pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:04
Last Modified: 24 Oct 2023 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9523

Actions (login required)

View Item View Item