Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam keputusan pembelian pada marketplace

Hasibuan, Fitri (2023) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam keputusan pembelian pada marketplace. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Produsen atau penjual produk yang ada pada Marketplace belum sepenuhnya memberikan kemudahan dalam berbelanja terhadap konsumennya. Pihak marketplace juga masih menyalahgunakan kepercayaan yang telah diberikan oleh konsumen pada saat berbelanja pada marketplace. Produsen pada marketplace masih belum memiliki itikat baik mengenai kejujuran dalam melayani para konsumennya. Pihak produsen pada marketplace tidak sepenuhnya memberikan informasi yang lebih detail mengenai produk yang dibutuhkan serta diinginkan oleh konsumen itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara kemudahan (X1), kepercayaan (X2), religiusitas (X3) dan pengetahuan (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) pada marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan dan positif antara kemudahan (X1), kepercayaan (X2), religiusitas (X3) dan pengetahuan (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) pada marketplace. Penelitian ini didukung oleh teori hasil penelitian terdahulu Maizul Rahmizal dan Rido Yuvendri yang menyatakan adanya keterkaitan kemudahan dengan keputusan pembelian dimana semakin tinggi kemudahan dalam berbelanja pada marketplace, maka semakin tinggi juga keputusan pembelian secara online. Dalam hal ini akan menimbulkan tingkat kepercayaan yang tinggi untuk melakukan keputusan pembelian. Serta semakin tinggi kereligiusitasan seseorang maka dia akan takut kepada Allah SWT. dan akan lebih meningkatkan lagi pengetahuan seorang konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada marketplace. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan skunder. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan jumlah sampel 94 responden. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah menggunakan tekhnik Parsial Least Square (PLS) yang terdiri dari dua evaluasi model yaitu Outer Model dan Inner Model dibantu dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel kemudahan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace, variabel kepercayaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace, variabel religiusitas berpengaruh secara signifikan namun tidak positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace, variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Kemudahan; Kepercayaan; Keputusan pembelian; Pengetahuan; Religiusitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:06
Last Modified: 18 Oct 2023 09:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item